11.16.2008

campur-campur

sebenernya hari ini saya mau ke pasar, tapi pas lagi jemur pakaian ujug2 tukang inspeksi listrik dateng. Sekalian aja saya nanya soal kemungkinan dipasang security lamp di pojok kiri depan rumah, karena kalau malam gelap sekali, apalagi depannya hutan. Anak2 jadi takut main di teras kalau malam, karena jendela teras kami ga dipasang tirai, hanya teralis. Udah om-om tu pada balik, di travel & living ada acara make over,..yaah nonton deh. Akhirnya ga jadi ke pasar,bisi si neng kecil keburu pulang sekolah, cuman ke warung sayur deket camp. Untung tadi pagi udah masak mie goreng sayur, resepnya liat dari Saji. Ternyata enak. Huehuehue.

Kalau ke pasar Rumbai mendingan jangan Sabtu Minggu, pasti rame banget dan ga kebagian parkir, kecuali kalo kita datang pagi2. Perlengkapan perang yang harus tersedia kalo ke pasar: ember kecil,ini buat nyimpen ikan atau ayam karena suka bocor dan bikin bau mobil; tas selempang kecil buat nyimpen duit dan receh-receh hasil kukumpul biasanya saya pakai buat belanja, termasuk juga duit kertas yang udah kucel-kucel; sandal selop butut dengan hak tebal, buat menghindari lumpur, becek dan resiko kaki keiinjek, atau kalo kepaksa nginjek kubangan kaki kita ga basah; baju kemaren, bukan apa2, karena dipasar biasanya kita kena cipratan lumpur, bau ayam, atau darah ikan, saya udah sering banget kena ciprat sisik ikan kalo si pedagangnya lagi semanget bersiin ikan, sampe kena muka. Biar ga cape bawa belanjaan, pake sistim estafet, suami nunggu dipintu pasar sambil nungguin Rayna naik odong2. Yah, belanjanya untuk kebutuhan seminggu. Kalau kurang-kurang dikit baru ke warung sayur.
Setiap senin pagi biasanya ada etek yang dateng kerumah, cuma saya suka prihatin liat dagangannya. Jalan kaki dari kampung Bukit sana ke rumah saya cuma bawa baskom kecil isinya (saya sampe hapal karena cuma itu2 aja) kangkung dan bayam tidak lebih dari 2-3 ikat, sekilo ubi, dan 1-2 tandan pisang kepok. Sudah. Entah sebelum ke rumah saya dagangannya mungkin udah laku ditempat lain.
Pasar yang lebih komplit lagi di Pekanbaru, pasar kodim. tapi saya jarang kesana, selain karena jauh dan saya nyetirnya belum jago. Berbagai jenis ikan dan sayur ada disana.

Kalau di Bandung dekat rumah saya pasar kiaracondong dekat stasiun kereta api. Jadi subuh-subuh para pemasok sudah datang bawa dagangan pakai kereta. Sehingga banyak pedagang yang langsung menggelar dagangan ditepi jalan menuju stasiun, sehingga menjelma juga jadi pasar stasiun. Jadi subuh di kiaracondong complicated pisan, antara pedagang, para penumpang kereta api yang baru brojol (pegawai, pelajar dll), dan yang akan naik. Sedangkan ke rumah saya kalau bawa mobil ya lewat jalan stasiun atau PSM (tapi parkirnya akan lebih jauh).Otomatis subuh-pagi akses jalan susah kecuali truk sampah yang dengan PDnya memecah keramaian. Orang2 pada minggir.

Keadaan ini mempersulit saya terutama kalau saya mau pulang ke pekanbaru pakai coplane pesawat jam 7 di bandara Halim. Jam 2an subuh saya sudah harus berangkat pakai travel ke Jakarta, dan si travel kadang ogah jemput begitu tau lokasi saya di stasiun kiaracondong. Sekedar curhat nih, pernah saya minta jemput jam 3 sore ke Jkt, kebetulan suami lagi combus, jadi saya bisa nebeng istirahat malam dihotel sebelum pulang ke pekanbaru. Si travel menyanggupi, karena kalau sore tidak ada pasar dadakan. Tau ngga di menit terakhir dia nelpon saya ga bisa jemput kecuali saya nyamperin mobil travelnya di Griya Kebaktian. Bayangkan lagi hujan, saya bawa bayi, bawa barang, becek, ga ada ojek, jalan ke Griya sana yang lumayan jauh. Bapak dan Ibu saya sampai rariweuh bawain tas sambil pegang payung, saya bawa maisha. Kaki sampai lecet, rada lari2 karena sepanjang jalan si travel nelpon hape saya ngasih tau udah mepet mau berangkat. Asli itu mah saya gondok, marah
, kesel dan nyumpahin dalam hati biar bangkrut sekalian bisnisnya. kenapa ga bilang dari awal ga mau jemput. Pas saya cerita ke suami ternyata pernah juga kejadian seperti itu padahal suami di komplek perumahan. Sama suami juga pas daftar, travel menyanggupi jemput depan rumah, pas hari H menit keberangkatan mereka nelponin suami saya kudu nyamperin mobil travel di jalan utama. Kalau mau jemput depan rumah kudu bayar lagi 30ribu. Padahal tarif resmi sudah termasuk antar jemput depan rumah, ngapain bayar lagi,pemerasan namanya. Dan sama kejadiannya seperti saya, suami bawa barang, didugdag, ga ada ojek. Sebelumnya suami udah beberapa kali pake travel itu dari Jkt ke Bandung. Ya itu mungkin nganter pulang ya, mau ga mau penumpang udah didalam mobil, jadi mereka anter depan rumah. Begitu juga ke rumah saya sudah sering pakai jasa mereka sampe depan gang. Hanya proses jemput menjemput ini sering bermasalah. Pas saya complain ke kantor travelnya yang diJkt, mereka bilang ya begitu bu, sopirnya angin-anginan, kalo dapet yang baik ya baik tapi kalo dapet yang jelek ya gitu deh. Cape de