11.26.2008

makan bersama

akhir 2004 saya sekeluarga pergi ke Bali, nengok kakak yang dapet jodoh orang madura. Seperti biasalah jalan2, ke pantai. Makan bersama menjadi acara favorit,tiap pagi, siang, malam seluruh keluarga ngumpul. Bahkan yang bekerja sengaja pulang ke rumah untuk acara makan. Hmmm, kaka saya tampaknya langsung membaur banget dengan adat budaya suaminya. Di rumah pakai sarung, karena wanita madura biasanya begitu, bahkan bahasa Madura kaka saya sudah mlotok banget. Kaya bukan orang Sunda aja dulunya. Saya dan ibu saya cuman bengong, kalo mereka lagi pada ngobrol. Malah kami juga mulai ditulari pakai sarung. Halah.
Karena dekat pantai, makanannya ikan laut yang dibakar, besar2. Kami duduk melingkar,ikan ditaruh dipiring besar,kalau ngambil ya langsung dicubit disitu. Dicocol pake sambal air jeruk nipis dan cabe rawit. Sambalnya pun langsung dicocol dimangkok, tidak diciduk ke piring masing2. Seperti cara makan arab, hehehe kalo ga biasa pasti rada jengah. Tapi karena sudah tradisi ya kami harus membiasakan diri dengan tetap makan heheheh. Setelah selesai makan, Kaka saya bilang biasanya mereka ga pake piring makan, tapi langsung pake tampah/nampan besar,berisi nasi,lauk,sayur. Semua duduk sekeliling tampah dan makan bersama. Wah, salut deh.

No comments: